Cara Mencegah Virus Corona Dalam Islam


Hingga kini belum ada obat spesifik menghadapi virus Corona, yang masih jadi masalah kesehatan terbesar sepanjang masa. Badan kesehatan dunia bahkan menetapkan status pandemi, karena hampir tak ada negara yang absen dari CORONA.

Pada masa Rasulallah SAW dan sahabatnya, umat islam juga pernah menghadapi serangan penyakit. Cara Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menghadapi penyakit banyak diterapkan di zaman modern, termasuk untuk menghadapi pandemi virus corona.

Sebut saja, anjuran menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan juga salah satu metode karantina yang saat ini sedang Populer dengan istilah Lockdown. Dan tentu saja, yang paling utama berdoa kepada tuhan kita yaitu Allah SWT.

Berikut beberapa pencegahan wabah penyakit dalam Islam

1. Rajin mencuci tangan

Hadits yang ditulis berdasarkan perkataan dan perbuatan nabi Muhammad SAW, telah menyarankan umat islam untuk rajin mencuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas.

2. Lockdown

Kebijakan lockdown ternyata sempat dilaksanakan dimasa Rasulallah SAW saat seluruh umat muslim menghadapi serangan wabah penyakit. Beberapa wabah yang sempat terjadi contohnya seperti Kusta dan Diare, bukan seperti virus Corona yang menyerang sekarang.

3. Sholat dengan memakai masker

Ibadah tentunya jangan sampai tidak dilakukan meski dalam serangan wabah, apalagi untuk sholat wajib. Dalam fatwa MUI telah menyatakan, Sholat jum'at yang biasanya dilakukan Berjamaah dimasjid, untuk sementara sampai virus Corona ini menghilang bisa diganti dengan sholat dzhuhur dirumah masing-masing. Peraturan ini bertujuan untuk menghilangkan resiko penularan virus Corona jika berada dikerumunan Ramai.
Terkait pandemi virus Corona yang terjadi sekarang, penggunaan masker menjadi senjata utama mencegah dari inveksi virus Corona atau COVID-19, Apakah sholat menggunakan masker dalam kondisi seperti saat ini?
Jawabannya adalah "bisa", kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI yaitu DR HM Asrorun Ni'am Sholeh MA dalam pesan pendek yang diterima detik.com.

Hukum sholat dengan daerah sekitar mulut dan hidung sebenarnya Makruh dalam berdasarkan empat Mahdzab.
Di Indonesia saat ini ada 4 mahdzab, yaitu : Imam Syafii, Imam Maliki, Imam Hambali, Dan Imam Hanafi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Template Median UI v.1.4 Gratis

Download Template Fletro Safelink